Desain buck-boost converter (hitung manual)

sebenarnya ini adalah ajang pasang link saja, karena perhitungan manualnya tidak saya tampilkan disini. karena ribet aja nulis notasi matematika dan berhubung karena memang saya sudah punya versi softfile karena memang file ini adalah buku tugas akhir saya ketika D4.

perlu dibaca dengan sangat untuk perhitungan snubber yang ada dibuku ini adalah salah.
sedangkan untuk perhitungan lainnya sudah benar. saya harap anda mencari sendiri rumus untuk perhitungan snubbernya.
umumnya nilai R snubber tidak besar. berbeda sekali dengan perhitungan saya yang menghasilkan R sebesar 4K Ohm.

Hasilnya jika mengikuti perhitungan saya, dijamin beban 500mA MOSFET yang dipakai cepat berasap. alhasil supaya proyek saya bisa berjalan dengan lancar. saya ganti nilai R snubber dengan nilai 100 Ohm saja dan C sebesar 100nF.

silahkan mengikuti perhitungan dari vendor-vendor komponen luar yang anda percaya untuk desain snubber nya

DOWNLOAD BUKU TA BELUM REVISI

13 respons untuk ā€˜Desain buck-boost converter (hitung manual)ā€™

  1. boleh minta email tdk nya mas?
    untuk diskusi mengenai buck-boost nya,saya juga sedang merancang buck-boost untuk solar panel

  2. Saya sedang membuat buck bosst converter mas.tpi pada saat berada pd mode boost mosfet yg saya pkai selalu short karena arusny langung naik drastis.ada solusiny tdk mas biar mosfet nya aman saat kondisi boost?

    1. punya oscilloscope? coba dilihat bentuk grafiknya apakah ada spike current

      short ketika di duty cycle berapa?

      langsung short atau menunggu waktu sekian detik?

      sudah diberi heatsink? thermal paste? kipas pendingin?

      rangkaian snubber sudah betul ?

      coba di cek satu per satu.

  3. untuk rangkaian snubbber daya resistor snubber yang digunakan pake ukuran brpa ya mas,soalnya saya make solar panel yang keluarannya 200wattt

  4. assalammualaikum bang fajar, salam kenal bang
    saya sedang membuat konverter cuk bang (seperti buck boost), hanya saja saya masih bingung untuk driver mosfetnya bang.
    saya menggunakan ic tlp250 hanya saja pada pengujian menggunakan osiloskop gelombangnya gak sesuai bang, ada sekali sesuai hanya frekuensinya tidak sesuai dengan yang di programkan bang. adakah saran dari abang untuk tugas akhir saya bang ?

Tinggalkan komentar